Polda Sulsel Jamin Kelancaran Lalulintas Jalan Poros Maros-Bone Selama Mudik Lebaran

Polda Sulsel Jamin Kelancaran Lalulintas Jalan Poros Maros-Bone Selama Mudik Lebaran

Makassar, Ruaskabar.com - Dirlantas Polda Sulsel, Kombes I Made Agus Prasatya, menegaskan bahwa kelancaran lalu lintas di Jalan Poros Maros-Bone, terutama di wilayah Camba atau Kappang, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan (Sulsel), akan dijamin selama masa mudik Lebaran. Hal ini diungkapkannya dalam sebuah konferensi di Makassar pada hari Minggu.

"Pengerjaan jalan di Camba akan dihentikan selama 14 hari guna mendukung kelancaran mudik Lebaran," kata Agus Prasatya.

Ia juga menambahkan bahwa pihaknya telah melakukan rapat koordinasi dengan semua pihak terkait, dan telah disepakati bahwa mulai H-7 Lebaran hingga H+7 Lebaran tidak akan ada lagi pekerjaan proyek pelebaran jalan di kawasan Hutan Karaenta yang menjadi bagian dari jalan poros Maros-Bone

Ditlantas Polda Sulsel juga telah berkolaborasi dengan Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) Sulsel dalam rangka mengantisipasi lonjakan arus mudik Lebaran tahun ini. BBPJN Sulsel akan menyiagakan ekskavator di wilayah Camba dan menyimpannya di beberapa titik strategis untuk menghadapi situasi yang tidak diinginkan.

Terkait dengan penundaan sementara proyek jalan tersebut, kontraktor proyek pelebaran Jalan Poros Maros-Bone di wilayah Camba, yakni Kuasa Kerja Sama Operasional (KSO) PT Lambok Arta Gaya, melalui perwakilannya Iwan Subhan, mengonfirmasi hal tersebut.

"Pengerjaan jalan akan dihentikan sementara selama periode mudik Lebaran 2024. Kami saat ini fokus pada membersihkan material di jalanan untuk memastikan kelancaran arus lalu lintas," jelas Iwan Subhan.

Dia menegaskan bahwa tidak ada aktivitas bongkar muat di lokasi proyek, sehingga jika terjadi kemacetan, hal itu disebabkan oleh proses pembersihan material, bukan karena pengerjaan proyek.

Meskipun begitu, beberapa ekskavator tetap disiagakan di lokasi proyek, terutama di Hutan Karaenta, sebagai langkah antisipasi terhadap potensi bencana alam yang mungkin terjadi.

Dengan demikian, jaminan kelancaran lalu lintas tersebut memberikan kepastian bagi para pemudik yang akan melintasi Jalan Poros Maros-Bone, memastikan perjalanan mereka berjalan lancar dan aman selama masa mudik Lebaran tahun ini.

Tindakan antisipatif tersebut diapresiasi oleh masyarakat setempat yang mengharapkan perjalanan yang aman dan lancar selama musim mudik Lebaran.

Masyarakat setempat menyambut baik keputusan untuk menghentikan sementara pengerjaan proyek jalan tersebut demi kelancaran arus lalu lintas selama musim mudik Lebaran. Mereka berharap bahwa tindakan ini akan membantu mengurangi kemacetan dan risiko kecelakaan di jalan raya, terutama di wilayah yang rawan kemacetan seperti Camba atau Kappang.

"Kami sangat mengapresiasi langkah Ditlantas Polda Sulsel dan pihak terkait lainnya yang telah memastikan kelancaran lalu lintas selama mudik Lebaran. Semoga dengan adanya penundaan sementara proyek jalan, perjalanan kami menjadi lebih nyaman dan aman," ungkap salah seorang warga setempat.

Selain itu, keputusan untuk menyiagakan ekskavator di wilayah Camba juga dinilai sebagai langkah yang cerdas dalam mengantisipasi potensi bencana alam yang dapat mengganggu kelancaran perjalanan. Hal ini menunjukkan komitmen pihak terkait dalam memberikan perlindungan dan layanan terbaik bagi para pemudik yang melintasi jalan tersebut.

Para pemudik yang akan melalui Jalan Poros Maros-Bone juga diimbau untuk tetap mematuhi aturan lalu lintas, menjaga keamanan selama perjalanan, dan mengutamakan keselamatan diri dan penumpang. Ditlantas Polda Sulsel juga akan terus melakukan pemantauan dan patroli untuk memastikan kelancaran dan keamanan lalu lintas selama masa mudik Lebaran.

Belum ada Komentar untuk " Polda Sulsel Jamin Kelancaran Lalulintas Jalan Poros Maros-Bone Selama Mudik Lebaran"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel